Get Adobe Flash player

LOGO

Sejarah Kesultanan Palembang Darussalam mencerminkan perjalanan nilai-nilai adat istiadat, budaya leluhur kita yang tidak dapat dihapus dan dihilangkan begitu saja dan bahkan harus diketahui dan dipedomani oleh anak Negeri Palembang Darussalam sehingga timbul jati dirinya.

VISI

Mewujudkan Negeri Palembang Darussalam menjadi negeri tempat keselamatan yang diridhoi Allah SWT, melalui pelestarian adat istiadat Kesultanan Palembang Darussalam yang telah dilupakan dan ditinggalkan.

 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Bagi pemuda yang ingin mendapatkan beasiswa ke Kualalumpur Malaysia bisa buruan mendaftarkan diri ke Kantor Perwakilan Malindo MBCC di Palembang.

"Bentuk beasiswa yang diberikan oleh Malindo MBCC ini kepada mereka anak-anak usia 18-23 tahun yang mana masih mencari pekerjaan, mencari sekolah silahkan ke Malindo MBCC untuk mereka ini diseleksi di lembaga Malindo MBCC," ungkap Ketua Pengarah MBCC Asia Dato Sri DR Alex Ong pada Peresmian kantor perwakilan majelis budaya dan ekonomi Malaysia-Indonesia (Malindo-MBCC) di depan RS Ernaldi Bahar jalan tembus TAA KM 12, Jumat (28/4/2017).

Dijelaskannya, tentunya untuk persyaratan siswa tersebut harus sehat dan mendapat izin orangtua untuk keluar negara. Mereka harus siap pasport yang akan diberikan kepada kantor perwakilan sebagai visa pelajar.

"Kita bekerjasama dengan universitas Malaya dan juga beberapa universitas yang ada di Kualalumpur serta di negara Malaysia untuk mereka ini ditempatkan sebagai on job trainning dan juga sebagai kursus yang dikatakan sebagai magang. Ini suatu peluang yang baik. Kita buka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat Palembang khususnya, dan juga pemerintah kita mengharapkan supaya dukungan penuh kepada orang-orang Palembang yang ingin berangkat ke Kualalumpur selama satu tahun," terangnya.

Di dalam satu tahun ini, kata Dato Alex Ong, mereka akan belajar di universitas, dan mereka akan diberikan pendidikan untuk langsung sebagai praktek di toko-toko seperti Alfamart. Yang mana mereka boleh belajar bagaimana menjadi kasir, bagaimana mengatur barang-barang, bagaimana memesan barang-barang dari suplier.

"Jadi itu peluang mereka untuk berbisnis di Malaysia dan juga di mana-mana mereka setelah satu tahun mereka gradusi (tamat) dari Universitas Malaya yang memberikan peluang ini dengan kerjasama Malindo MBCC yang ada ini. Kita juga berharap dengan peluang ini silahkan datang ke kantor perwakilan kami, diseleksi untuk dibawa ke Kualalumpur yang mana peraturannya harus berusia 18-23 tahun dan juga akan diberi satu tahun. Biayanya ditanggung, makannya ditanggung, diberi pula sebulannya sebanyak 600 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 2 juta. Jadi tiap bulan itu orang bilang untuk ongkos, nginap, makan minum itu sudah beres. Cuma ongkos lagi bisa simpan lagi Rp 1 juta," paparnya.

Dengan peluang yang ada di sini pihaknya memberikan 50 kuota kepada kantor perwakilan Malindo MBCC untuk Kota Palembang ini untuk merealisasikan sebagai jembatan membawa anak-anak mereka belajar satu tahun di Kualalumpur nanti.

Diharapkan setelah mereka pulang ini, mereka boleh menjadi orang-orang yang berbisnis dan menambahkan lagi aset kepada Kota Palembang ini yang sekarang sudah semakin maju.

Penasihat Malindo-MBCC Indonesia Dato Seri Ramli Sutanegara JP didampingi Kepala Kantor MBCC Palembang Arifin Makmur dan Ketua Yayasan SMP/SMA NU Palembang Dailami Malik Tajuddin menambahkan, apa yang dipaparkan Dato Alex Ong tadi itu harus ditanggapi secara positif oleh warga masyarakat Palembang.

Terutama yang menyangkut calon pekerja-pekerja profesional yang dilatih di Malaysia. Untuk itu nanti kita akan mengumumkan kepada seluruh khalayak siapa yang memenuhi syarat diseleksi baru akan dikirim.

Menurut Ramli, diitunjukkan SMA NU karena sudah bekerjasama, itu nanti ada beberapa siswanya dibawa ke Malaysia untuk mempelajari budaya di Malaysia juga agama nanti akan ditampung bapak angkatnya.

"Itupun akan dilakukan dalam waktu setelah lebaran nanti. Kemudian peluang-peluang investasi yang besar-besar akan diatur bidang bisnis karena kita memiliki bidang teknologi, bidang pendidikan, bidang dunia usaha, bidang budaya. Itu akan digalakkan lebih lanjut," ujarnya.

Kadisbud Kota Palembang Sudirman Tegoeh sendiri mengatakan Pemerintah Kota Palembang sangat mendukung sekali kegiatan ini terutama dalam rangka peningkatan ekonomi. Baik itu dalam peluang usaha, peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kemudian dari segi peningkatan pengetahuan dari SDM Palembang. Tadi sudah ada tawaran pendidikan yang diberikan pemagangan. Ini saya kira tinggal masyarakat Palembang menanggapi secara positif peluang-peluang ini untuk ditindaklanjuti. Kita dari Pemerintah Kota Palembang mendukung semuanya," kata Sudirman. (Editor: Abdul Hafiz)

Sumber: http://palembang.tribunnews.com/2017/04/28/malindo-mbcc-siapkan-50-kuota-beasiswa-ke-kualaumpur

Pin It

Alih Bahasa

Top