Get Adobe Flash player

LOGO

Sejarah Kesultanan Palembang Darussalam mencerminkan perjalanan nilai-nilai adat istiadat, budaya leluhur kita yang tidak dapat dihapus dan dihilangkan begitu saja dan bahkan harus diketahui dan dipedomani oleh anak Negeri Palembang Darussalam sehingga timbul jati dirinya.

VISI

Mewujudkan Negeri Palembang Darussalam menjadi negeri tempat keselamatan yang diridhoi Allah SWT, melalui pelestarian adat istiadat Kesultanan Palembang Darussalam yang telah dilupakan dan ditinggalkan.

 

Pakaian Kesultanan Palembang Darussalam

Pakaian yang dipergunakan di lingkungan Kesultanan Palembang Darussalam disesuaikan dengan tugas dan jabatan yang diberikan oleh Sultan Palembang Darussalam.

Dahulu orang akan merasa malu apabila memakai pakaian yang tidak sesuai dengan tugas dan jabatannya karena budaya malu masih kuat. Namun pada saat ini, budaya malu mulai luntur dan menghilang. Termasuk penggunaan Penggangon (alat, peralatan pakian pengantin, perkawinan) tidak sembarang orang diperbolehkan untuk memakainya. Sekarang sudah banyak yang asal pakai dan tidak mengetahui adat (tambeng).

Pakaian Kesultanan Palembang Darussalam bagian depan bermotif Rebung (Dasar Hitam) dengan tanda sebagai berikut :

  • Rebung Sembilan dipakai Sultan Palembang Darussalam
  • Rebung Delapan dipakai Pangeran Ratu
  • Rebung Tujuh dipakai Para Pangeran
  • Rebung Lima dipakai Para Temenggung
  • Rebung Tiga dipakai Para Rangga
Pin It

Renew ID Card

Alih Bahasa

Top