Get Adobe Flash player

LOGO

Sejarah Kesultanan Palembang Darussalam mencerminkan perjalanan nilai-nilai adat istiadat, budaya leluhur kita yang tidak dapat dihapus dan dihilangkan begitu saja dan bahkan harus diketahui dan dipedomani oleh anak Negeri Palembang Darussalam sehingga timbul jati dirinya.

VISI

Mewujudkan Negeri Palembang Darussalam menjadi negeri tempat keselamatan yang diridhoi Allah SWT, melalui pelestarian adat istiadat Kesultanan Palembang Darussalam yang telah dilupakan dan ditinggalkan.

 

Rumah Palembang (Rumah Limas)

Rumah Limas Palembang di luar istana Kesultanan Palembang Darussalam merupakan tempat tinggal pejabat-pejabat Kesultanan Palembang Darussalam atau orang-orang yang mampu membuatnya. Hal ini dikarenakan diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk membangun rumah Limas tersebut. Rumah Limas memiliki atap berbentu Joglo yang terpotong, dengan badan rumah berdinding papan, serta mempunyai ukiran ukiran tertentu. Terdapat pembagian ruangan yang telah ditentukan sesuai dengan kedudukan. Pada umumnya keberadaan rumah Limas ini hampir musnah. Salah satu rumah Limas yang masih berdiri hingga saat ini berada di lokasi Musium Bala Putra Dewa Km 6, Palembang yang dipindah dari samping Benteng Kuto Besak / Keraton Kesultanan Palembang Darussalam / Benteng Kuto Anyar / Besak Palembang. Akan tetapi terdapat beberapa bagian dari rumah Limas tersebut yang tidak dipasang (rumah Limas yang lama dibangun empat tingkat).

Rumah Limas yang lain serta masih belum terlalu banyak perubahan adalah rumah Limas yang terletak di Jln. Temon, 27 Ilir, Palembang.

 

Pin It

Renew ID Card

Alih Bahasa

Top