Sultan Khairul Saleh Terpilih Jadi Ketua Umum FSKN, Bertekad Majukan Budaya Nusantara

205

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA – Sultan Banjar Khiarul Saleh terpilih secara aklamasi sebagai Ketu Umum Forum Silaturahmi Kraton Nusantara (FSKN) masa bakti 2018-20023, menggantikan Sinuhun Tedjowulan.

Sultan Khairul Saleh terpilih dalam sidang pleno yang dipilih oleh ratusan raja, sultan, datu, tumenggung dan tetuha adat se Nusantara, bertempat di Swissbel Hotel Jakarta, Minggu (5/5/2018).

Khairul Saleh terpilih karena memenuhi sejumlah kriteria yang digariskan oleh tata tertib pemilihan, di antaranya karena memiliki warisan kerajaan atau kesultanan, baik berupa benda maupun nonbenda.

Sultan Khairul Saleh juga dinilai memiliki komitmen kebudayaan yang kuat dan kemampuan untuk memajukan FSKN ke depan, serta memajukan budaya dan identitas Nusantara sesuai ciri khas masing masing.

Sultan Banjar juga memiliki kemampuan untuk menjalanlankan mitra dengan sesama kerajaan dan kesultanan Nusantara, dengan pemerintah pusat dan daerah, serta proaktif merangkul para sejarawan dan budayawan.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan raja dan sultan dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, serta peninjau dari Thailand dan India. Dalam pidato singkatkan, Sultan Khairul Saleh bertekad untuk memajukan budaya Nusantara melalui FSKN bersama dengan raja sultan Nusantara. Dia juga akan berusaha merangkul para pihak yang mungkin selama ini berbeda.

Acara yang dihadiri penasihat FSKN Dr KBA Mooryati Soedibjo itu juga memilih Dr Nanik dari Universitas Tarumanegara Jakarta sebagai Sekjen yang nantinya FSKN berkedudukan di Ibu Kota Jakarta.

Berdasarkan pendapat yg berkembang di forum tersebut umumnya raja sultan Nusantara berharap banyak agar Sultan Banjar sebagai Ketua Umum FKSN yang baru dapat membawa organisasi lebih maju lagi ke depan, sehingga budaya Indonesia akan semakin kuat dan mampu menghadapi tantangan budaya luar, sekaligus memperkuat NKRI yang berprinsip Bhinneka Tunggal Ika. (banjarmasinpost.co.id/rie)

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Sultan Khairul Saleh Terpilih Jadi Ketua Umum FSKN, Bertekad Majukan Budaya Nusantara, http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/05/05/sultan-khairul-saleh-terpilih-jadi-ketua-umum-fskn-bertekad-majukan-budaya-nusantara.

Penulis: Hary Prihanto

Editor: Elpianur Achmad