Al-Munawar, Kampung Sang Guru Agama Islam Sultan Palembang

50

http://www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/958992-al-munawar-kampung-sang-guru-agama-islam-sultan-palembang

Destinasi wisata di Palembang, Sumatera Selatan selain terkenal dengan kuliner, kota pempek itu juga memiliki wisata religi. Salah satunya adalah kampung Arab Al-Munawar yang terletak di RT 24, RW 02, Kelurahan 13, Kecamatan Seberang Ulu 1.

Di kampung Al-Munawar, sangat terasa kental suasana Islami. Seluruh penduduk di sana berpakaian sopan, seperti menggunakan celana panjang bagi laki-laki dan memakai lengan panjang untuk perempuan. Di kampung itu setiap pengunjung yang datang tidak diperbolehkan memakai pakaian yang sedikit terbuka.

Jika ada kaum adam memakai celana pendek, petugas keamanan kampung Al-Munawar akan memberikan kain sarung untuk dipakai. Sementara, untuk perempuan memakai baju lengan pendek, atau celana pendek, diberikan selendang untuk menutupi aurat.

“Memang di sini sudah peraturan, jika ada tamu harus memakai pakaian sopan. Baik perempuan atau laki-laki. Petugas sudah menyiapkan sarung untuk laki-laki dan selendang untuk perempuan,” kata Muhammad Kadir, 58, ketua RT setempat, Rabu 20 September 2017.

Sejak diresmikan menjadi wisata Religi pada 11 Februari 2017, para warga di kampung Al-Munawar sempat khawatir akan banyak pengunjung yang tidak mematuhi aturan, terutama cara berpenampilan. Sehingga tradisi Islami yang ada akan tergerus oleh pengunjung. Namun, setelah sosialisasi peraturan terus diterapkan, pengunjung dapat mematuhinya.