Susunan Batu Kuno Bukti Eksistensi Kejayaan Kesultanan Palembang

11

PALEMBANG – Terkait penemuan susunan batu kuno diarea Makam Kironggo Wirosentiko di Talang Keranggo, dinilai merupakan salah satu bukti kejayaan pada masa Kesultanan Palembang.

RD Muhammad Ikhsan sebagai sejarawan yang aktif dalam penelusuran sejarah Kota Palembang mengatakan, susunan batu kuno yang ditemukan oleh zuriat Kironggo Wirosentiko adalah bukti fisik yang nyata dan tidak diragukan.

“Tentu temuan ini adalah kabar baik. Karena itu merupakan bukti tentang eksistensi Kesultanan Palembang Darussalam yang pernah mengalami kejayaan,” ujarnya, Jumat (10/11).

Dikatakan pria yang juga tercatat sebagai Dosen Universitas Sriwijaya ini, berdasarkan dari beberapa sumber yang didapat selama ini, memang teknik bangunan batu dengan bahan utama batu bata belum banyak ditemukan di Palembang.

Tercatat baru ada tiga lokasi diantaranya Masjid Agung Palembang, Kuto Besak, dan Kawah Tekurep.

“Diperkirakan sementara ini memang kompleks makam Ki Ronggo Wirosentiko didirikan pada masa yang sama dengan ketiga bangunan di tersebut. Memang ada sedikit catatan manuskrip yang menggambarkan tentang Kironggo Wirosentiko,” ujarnya.

Ditanyai apakah masih ada lagi bukti-bukti lainnya tentang sejarah Kesultanan Palembang Darussalam yang belum ditemukan, dikatakan Iksan tentu masih banyak. Namun untuk bukti bangunan fisik, kemungkinan tidak terlalu banyak lagi.

“Kalau bukti fisik bentuk peninggalan bangunan yang sama di area Makam Kironggo Wirosentiko kemungkinan sedikit sekali. Tetapi jika bentuk peninggalan kebudayaan sebagai bukti sejarah berupa seni ukir, senjata, dan koin uang mungkin masih ada. Terutama yang dimiliki oleh kalangan zuriat,” ujarnya.

Sumber : http://palembang.tribunnews.com/2017/11/11/susunan-batu-kuno-bukti-eksistensi-kejayaan-kesultanan-palembang