Dampak Asian Games, Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Naik Signifikan

144

Palembang- Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan bakal terdongkrak signifikan pada triwulan III 2018 karena dipengaruhi adanya ajang akbar Asian Games XVIII pada pertengahan Agustus.

Deputi Direktur Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumsel Hari Widodo di Palembang, Senin, mengatakan, bukan hanya di triwulan III, kehadiran Asian Games juga akan berkontribusi terhadap peningkatan berbagai sektor ekonomi pada triwulan IV 2018.

“Seperti halnya SEA Games 2011 yang berpengaruh besar pada pertumbuhan ekonomi Sumsel, begitu pula dengan Asian Games,” kata Hari.

Menurut Hari kepada Antara, sektor pariwisata yang diperkirakan bakal berpengaruh besar pada perekonomian Sumsel dari mulai Asian Games hingga akhir tahun.

Hal ini karena Kota Palembang melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sektor pariwisata, seperti pesta rakyat, sejumlah acara di destinasi wisata baru. Selain itu, adanya kemudahan transfortasi dengan keberadaan Light Rail Transit di Palembang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Sektor pariwisata ini akan menjadi sektor baru yang cukup menjanjikan di masa datang. Selama ini, pertumbuhan ekonomi Sumsel dipacu oleh pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, sektor kontruksi, sektor perdagangan besar,” kata dia.

Sumber Berita : http://www.industry.co.id