Ribuan Masyarakat Kota Palembang Gelar Pawai Obor dalam 1 Muharam

63
DCIM102MEDIADJI_0118.JPG

dilansiri dar Harianamanah.com, Palembang — Menyemarakkan perayaan 1 Muharram 1439 Hijriah ribuan masyarakat kota Palembang menyambutnya dengan menggelar pawai obor. Pawai obor ini dimulai dari masjid Baitullah Jalan Sultan Muhammad Mansyur, Kelurahan Bukit Lama menuju ke istana Kesultanan Palembang Darussalam Rabu (20/9/2017).

Sultan Mahmud Badaruddin IV Djaya Wikrama (R M Fauwaz Diradja) mengatakan makna pawai obor yang gelar untuk menyambut tahun baru Islam atau satu Muharram memiliki makna sebagai penerangan dan suka cita dalam menyongsong ditahun baru.

“Tradisi menyambut tahun baru Islam dengan pawai obor sudah lama tidak dilaksanakan makanya pada tahun baru Islam tahun ini Kesultanan Palembang Darussalam menghidupkan kembali tradisi ini,”katanya kepada Harianamanah.com Rabu (20/9/2017) malam.

Ia menambahkan, tradisi pawai obor setiap menyambut tahun baru Islam kedepannya akan dijadikan agenda tahunan oleh Kesultanan Palembang Darussalam.

“Selain dari pawai obor diisi juga dengan pembacaan surat Yassin dan tausyiah yang diisi oleh beberapa ustadz yang menyampaikan makna menyambut tahun baru Islam,”pungkasnya.

Laporan Fauzi Wartawan Harian Amanah Palembang, Sumsel.

Editor : Yudy Fachrurozi.