Sultan Prabu Diraja Wafat, Anaknya Ambil Alih Tahta Kesultanan Palembang

198

Dilansir dari : https://www.merdeka.com/peristiwa/smb-iii-prabu-diradja-wafat-anaknya-ambil-alih-kesultanan-palembang.html

Tampuk kepemimpinan Kesultanan Palembang Darussalam diambil Raden Muhammad Fawuaz Diradja sepeninggal Sultan Mahmud Badaruddin III Prabu Diradja. Pewarisan tahta tersebut telah berlangsung tujuh tahun silam atau tahun 2010.

Raden yang kini bergelar Sultan Mahmud Badaruddin III Jaya Wikrama mengatakan, prosesi penyerahan tahta itu dilakukan saat dirinya masih berusia 28 tahun. Hanya saja, jabatan itu belum berlaku karena ayahnya masih hidup.

“Untuk pengukuhan tahun 2010 lalu kepada saya dengan sebutan Sultan Mahmud Badaruddin IV Jaya Wikrama,” ungkap Raden, Jumat (8/9).

Meski demikian, kata dia, dalam waktu dekat akan dilakukan prosesi kenaikan tampuk kepemimpinan agar dapat dikenal warga Palembang. Prosesi ini sebagai simbol penyerahan secara simbolis benda-benda peninggalan kesultanan, seperti keris, stempel kesultanan, dan Alquran bertinta emas.

“Sekarang masih berduka, kita tunggu habis 40 hari saja,” kata dia.

Menurutnya, semasa hidup SMB III Prabu Diradja berwasiat untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Palembang yang mulai terkikis oleh zaman. Termasuk juga menjaga aset-aset Kesultanan Palembang Darussalam sebagaimana pesan yang disampaikan majelis adat.

“Apalagi sekarang ini pengembangan pariwisata yang tidak mempertimbangkan kebudayaan setempat. Ini harus dipertahankan, jangan sampai terkikis,” pungkasnya